Senin, 09 Oktober 2017

Aplikasi Penyuluhan Pertanian Berbasis Android


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari waktu ke waktu semakin meningkat dan terus berkembang luas mulai dari Kota sampai ke Desa - desa. Dunia teknologi informasi dan komunikasi menawarkan dan memberikan banyak kemudahan dalam membantu memperlancar segala aktivitas manusia di segala bidang, salah satu yang termasuk adalah di bidang pertanian.
Komunikasi antara petani kepada para pakar pertanian merupakan salah satu faktor penting keberhasilan petani dalam bercocok tanam. Komunikasi terkendala karena tidak ada fasilitas dan mungkin tidak mempunyai nomor telepon para pakar dan penyuluh yang professional.
Untuk menagatasi permasalahan tersebut maka hadirlah Aplikasi yang di beri nama “Petani” ini dikembangkan oleh 8Villages dengan tujuan untuk memudahkan pertukaran informasi antara pakar pertanian dan petani ketika petani mengalami kesulitan dalam budidaya tanaman. 


Petani dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengetahui berbagai informasi tentang dunia pertanian, cara budidaya tanaman yang baik, sampai kepada cara mengatasi dan menanggulangi berbagai jenis penyakit tanaman.




Layanan aplikasi "PETANI" ini dibuat khusus untuk petani dengan tidak menarik biaya sepeser pun. bahkan setiap informasi yang disampaikan petani akan dijawab oleh pakar dalam tempo 1x24 jam. perlu kalian ketahui bahwa aplikasi ini akan berjalan pada handphone berbasis android. aplikasi "PETANI" ini bisa anda dapatkan secara gratis di playstore dengan mudah. Bisa anda lihat hasil screenshot yang saya daptkan dari google play.

Melalui aplikasi ini petani bisa mengirimkan foto kondisi tanaman dan detailnya ke aplikasi, kemudian pakar akan menjawab permasalahan tersebut.


Aplikasi ini juga seperti forum online untuk komunikasi antara petani lainnya dalam berbagai pengalaman dan sharing informasi. 



Selain itu aplikasi dapat digunakan pengguna untuk memberikan informasi hasil panen beserta harga dan menjual ke pembeli tanpa perantara.

Sistem Informasi melalui aplikasi PETANI akan lebih efektif dan efisien dan mudah didapatkan dan lebih cepat penerimaan informasi di manapun berada.


Malalui aplikasi ini, pengguna juga dapat menginformasikan hasil panennya dan menjual ke pembeli secara langsung tanpa ada penengah.

Bagi yang ingin memiliki aplikasi ini silahkan Download dengan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar